Saya Dan Aku

Rabu, 24 September 2014

kemajuan di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi

Adanya kemajuan di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi menyebabkan penggunaan program internet telah merambah di segala tempat, baik di rumah, kantor, sekolah maupun tempat-tempat umum (warnet).  Pengguna internet menggantungkan pada situs untuk memperoleh berita, selain juga  penggunaan electronic mail sebagai aktivitas utama yang digunakan oleh pengguna internet untuk memperluas jaringan komunikasi yang melintasi kota, negara bahkan benua. Bahkan Straubhar dan LaRose. 2000:267 menjelaskan bahwa,  orang-orang memanfaatkan situs internet sebagai sumber informasi untuk hiburan dan informasi perjalanan wisata juga berita terbaru setiap minggunya.
Tak dapat dipungkiri jika kemajuan teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari hingga yang sederhana, hingga yang menghebohkan dunia.
Sebenarnya Teknologi sudah ada sejak zaman dahulu, yaitu zaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat. Salah satunya adalah seperti yang ada di Indonesia, yaitu fenomena mobil esemka yang diciptakan beberapa sekolah di Solo. Telah membuat inovasi mobil Nasional untuk Indonesia. Selain itu juga, ada di Sidoarjo yang memproduksi kapal laut untuk kebutuhan melaut.
Dalam bentuk yang paling sederhana, kemajuan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan tugas-tugastradisional seperti bercocok tanam, membuat baju, atau membangun rumah.[18]
Ada tiga klasifikasi dasar dari kemajuan teknologi yaitu :[18]
  • Kemajuan teknologi yang bersifat netral (bahasa Inggrisneutral technological progress)
    Terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan (input) yang sama.
  • Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja (bahasa Inggrislabor-saving technological progress)
    Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.
  • Kemajuan teknologi yang hemat modal (bahasa Inggriscapital-saving technological progress)
    Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya.

reference:
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
http://www.ut.ac.id/html/suplemen/skom4315/3b1.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar